Jumat, 24 Oktober 2014

Makalah Dasar Sistem Komputer

BAB I Pendahuluan
1.1  Latar Belakang
Pada sekitar tahum 19xx dunia telah mengembangkan suatu alat pemroses data yang bertujuan untuk membantu manusia dalam memudahkan pekerjaannya. Prusahaan pertama yang menemukan alat ini adalah intel. Seiring berjalannya waktu, Intel terus mengembangkan alat pemroses data ini. Terutama yang dikembangkan oleh pihak intel adalah pada bagian prosesornya. Prosesor pertama di dunia berkecepatan hanya beberapa bit persatuan waktunya. Dan hanya memiliki 1 core saja. Pada awal ditemukanya komputer pertama didunia sangatlah besar.

 
Dalam adanya perkembangan teknologi nano (nantoteknologi) alat2 dalam komputer ini diperkecil dan dibuat sekompleks mungkin. Sehingga menghasilkan bentuk dan besar komputer seperti pada zaman sekarang ini. Dan dengan kemajuannya teknologi dari waktu kewaktu kecepatan komputer dalam memproses data pun semakin cepat persatuan waktunya.
1.2  Rumusan Masalah
Apa yang dimaksud dengan “Dari Bit Ke Informasi” ?
Pengertian satuan data dan besarannya ?
Pengertian satuan waktu dan besarannya ?
Pengertian sistem pengkodean karakter ?
Bagaimana cara mengkonfersi sistem biner ke sistem desimal ?
Pengertian prosesor ?
Pengeritan Memori Internal ?
Apa saja bagian unit sistem itu ?
Perkembangan komputer di masa mendatang ?
1.3  Tujuan
Mengetahui seluruh Dasar Sistem Komputer, mulai dari sejarah, pengembangan, cara pengoprasian, dan apa saja yang terdapat dalam komputer itu.
BAB II Pembahasan
2.1 Dari Bit ke Informasi
Sejak diciptakan pertama kali, komputer bekerja atas dasar sistem biner. Sistem biner adalah sistem bilangan yang hanya mengenal dua macam angka yang disebut dengan bit (binary digit), berupa 0 dan 1. Hanya dengan dua kemungkinan bilangan ini kompter dapat menyajikan informasi yang begitu berguna bagi peradaban manusia.
Bit – bit dapat digunakan untuk menyusun karakter apa saja. Istilah karakter dalam dunia komputer berarti :
-          Huruf, misalnya A dan S
-          Digit, seperti 3, 2, dan 9,
-          Selain huruf dan digit, ada juga tanda seperti #, @, & bahkan sampa simbol seperti ?, ?, dan ?.
Sebuah karakter dinyatakan dengan 8 bit ataupun 16 bit. Kemungkinan nilai pada sebuah sistem biner yang berupa 0 dan 1 dinyatakan dalam sistem komputer dengan metode saklar yang hanya mengenal keadaan on dan off. Keadaan on menyatakan 1 dan off menyatakan 0. Sebagai contoh, dengan menggunakan 8 buah saklar akan didapatkan 256 (28) kombinasi nilai.
Meskipun komputer bekerja atas dasar sistem biner, pemakai awam bekerja dengan perspektif berbeda, pada prinsipnya pemakai awam tidak perlu tahu tentang sistem biner. Sebagai contoh, seorang pemakai yang ingin melakukan perhitungan 12 + 76 ataupun menuliskan kata “Hai” tetap berorientasi pada sistem yang biasa digunakan manusia. Pemakai tidak perlu tahu bentuk biner dari huruf H ataupun bentuk biner dari digit 12 secara internal komputer yang akan mengubah bentuk representasi manusia kedalam sistem biner dan selanjutnya komputer menyajikan informasi dalam bentuk simbol – simbol yang biasa digunakan manusia.
2.2 Satuan Data
1.        Byte
Merupakan satuan data terkecil dalam sistem komputer yang digunakan untuk menyatakan sebuah karakter. Dimana satu karakter sama juga dengan 8 bit.
2.        Kilobyte
3.        Kilobyte merupakan tingkatan di atas byte, dimana 1 kilobyte = 1024 byte. Satuan Kilobyte disingkat dengan KB.
4.        Megabyte
1 Megabyte = 1024 Kilobyte atau sama dengan 1024 x 1024 = 1.048.576 byte. Satuan ini disingkat dengan nama MB.
5.        Gigabyte
1 Gigabyte = 1024 Megabyte atau sama dengan 1024 x 1024 x 1024 = 1.073.741.824 byte. Satuan ini dapat kita jumpai dalam kapasitas Hardisk. Satuan Gigabyte disingkat menjadi GB.
6.        Terabyte
Terabyte = 1024 Gigabyte atau sama dengan 1024x1024x1024x1024 = 1.009.511.627.776 byte. Dapat kita jumpai dalam kapasitas harddisk dan memori pada komputer mainframe. Satuan ini disingkat dengan TB.
7.        Petabyte
1 Petabyte = 1024 terabyte atau sama dengan 1024x1024x1024x1024x1024 = 1.125.899.906.842.624. Satuan ini diseingkat dengan PB.
8.        Exabyte
1 Exabyte = 1024 Petabyte atau sama dengan 1024x1024x1024x1024x1024x1024 = 1.152921505×10¹
. Satuan ini disingkat dengan EB.
9.        Zettabyte
1 Zettabyte = 1024 Exabyte atau sama dengan 1024x1024x1024x1024x1024x1024x1024 = 1.180591621×10²¹. Satuan ini dikenal dengan ZB.
10.    Yottabyte
1 Yottabyte = 1024 Zettabyte atau sama dengan 1024 x 1024 x 1024 x 1024 x 1024 x 1024 x 1024 x 1024 = 1.20892582×10². Satuan ini dikenal dengan YB.
Sistem Satuan
Nama

kilo
Mega
Giga
Tera
Peta
Exa
Zetta
Yotta
Simbol









K
M
G
T
P
E
Z
Y
Faktor
2^0
2^10
2^20
2^30
2^40
2^50
2^60
2^70
2^80
Dengan demikian, satuan data pada komputer memiliki satuan bit (digit) yang merupakan angka 1 atau 0 pada sistem binary Namun umumnya, digunakan unit byte yang merupakan 8 bit sebagai satuan. Byte bersifat diskrit dan merupakan satuan data terkecil dalam data sehingga kita tidak mengenal ada milibyte, mikrobyte, dan sebagainya. Tidak pula dikenal 1,5 byte atau 3,14 byte. Berbeda dengan sistem satuan umumnya, penggunaan prefiks pada byte merupakan kelipatan 1024 (2^10) dan umumnya dimulai dari kilo- atau 2^10.
2.3 Satuan Waktu dan Frekuensi
Bagi manusia 1 detik merupakan waktu yang sangat cepat, tetapi tidak bagi komputer. Kecepatan komputer dalam memproses sebuah data sangatlah tinggi. Orde waktu yang digunakan untuk mengerjakan sebuah instruksi jauh di bawah 1 detik. Itulah sebabnya terdapat beberapa satuan waktu yang perlu diketahui, sebagaimana yang tertera di bawah ini.
1.      Milidetik = 1/1.000 detik
2.      Mikrodetik = 1/1.000.000 detik
3.      Nanodetik = 1/1.000.000.000 detik
4.      Pikodetik = 1/1.000.000.000.000 detik
Satuan lain yang banyak disinggung dalam sistem komputer adalah satuan frekuensi. Frekuensi diukur dengan satuan hertz. Frekuensi berarti jumlah siklus dalam 1 detik. 1 Hertz berarti dalam satu detik terbentuk sebuah siklus. Ukuran frekuensi yang lebih besar adalah kilohertz, megahertz, dan gigahertz. 1 kilohertz (KHz) = 1000 Hertz (Hz), 1 megahertz (MHz) = 1000 kilohertz, dan 1 gigahertz (GHz) = 1000 megahertz.
2.4 Sistem Pengkodean Karakter
            Sistem pengkodean karakter itu berfungsi untuk mengubah bahasa manusia ke bahasa mesin.Satuan data terkecil dalam computer adalah bit. Sistem yang digunakan untuk menkodekan karakter ada beberapa macam. Tiga yang terkenal adalah ASCII,EBCDIC, dan Unicode.
1.      ASCII
ASCII (American Standard Code For Information Interchange) dikembangkan oleh ANSI (American National Standards Institute). Pada awalnya standar ini menggunakan 7 bit untuk menyatakan sebuah kode. Dengan menggunakan 7 bit, karakter yang tersedia miliputi karakter control, huruf (A sampai dengan Z), digit (0 sampai 9), dan sejumlah symbol seperti * dan +. Belakangan ASCII dikembangkan dengan menggunakan 8 buah bit,dengan tambahan sejumlah symbol Yunani dan karakter grafis.Sama hal nya dengan ESBCDIC dan Unicode tetapi ASCII itu lebih bersifat universal, contohnya 124 adalah untuk karakter "|". Ia selalu digunakan oleh komputer dan alat komunikasi lain untuk menunjukkan teks.Jumlah kode ASCII adalah 255 kode. Kode ASCII 0..127 merupakan kode ASCII untuk manipulasi teks sedangkan kode ASCII 128..255 merupakan kode ASCII untuk manipulasi grafik.
2.      EBCDIC
EBCDIC (Extended Binary Coded Deciml Interchange Code) merupakan standar yang di buat oleh IBM pada tahun 1950-an dan menggunakan 8 bit untuk setiap kode. Pertama kali digunakan pada IBM System/360. Standar ini diterapkan pada berbagai computer mainframe.
3. Unicode
Unicode adalah suatu standar industri yang dirancang untuk mengizinkan teks dan simbol dari semua sistem tulisan di dunia untuk ditampilkan dan dimanipulasi secara konsisten oleh komputer.  Unicode mengandung suatu kumpulan karakter, suatu metodologi pengkodean dan kumpulan standar penyandian karakter, suatu kumpulan bagan kode untuk referensi visual, deskripsi sifat karakter seperti huruf besar dan huruf kecil, suatu kumpulan data referensi berkas komputer, serta aturan normalisasi, dekomposisi, pembandingan (collation), serta penggambaran (rendering).
Unicode adalah satu metode dalam pengaturan kode biner untuk text dan bentuk tulisan lainnya. Metoda ini diharap dapat menjembatani berbagai karakter yang tidak sama dengan tulisan latin. Katakanlah tulisan Cina, Arab, Aksara Bali, dan lain sebagainya. Sistem ini memiliki kemampuan untuk menuliskan, memproses, dan menampilkan berbagai aktifitas dari tulisan itu sendiri. Teknologi ini diharapkan dapat menyelesaikan masalah penulisan dengan bahasa yang ditulis bukan menggunakan tulisan yunani. Unicode mendukung seluruh sistem penulisan yang ada di dunia ini. Unicode merupakan karakter set dengan kemampuan multi-lingual. Saat ini hampir seluruh vendorsistem operasi mendukungnya. Unicode ini merupakan sistem pengkodean yang digunakan selain ASCII dan EBCDIC pada sistem komputer. Istilah Unicode ini sering juga disebut dengan Double Byte Character. Set karakter ASCII yang menggunakan dua bytes untuk tiap karakter. Mampu mengolah 65.536 kombinasi karakter sehingga mampu mengolah kata dari beragam bahasa di dunia.
2.5 Konversi Sistem Biner dan Sistem Desimal
            Biner adalah sistem nomor yang digunakan oleh perangkat digital seperti komputer, pemutar cd, dll. Biner berbasis 2, tidak seperti menghitung sistem desimal yang Basis 10 (desimal).
Dengan kata lain, Biner hanya memiliki 2 angka yang berbeda yaitu 0(false) dan 1(true) untuk menunjukkan nilai, tidak seperti Desimal yang memiliki 10 angka (0,1,2,3,4,5,6,7,8 dan 9). Mengingat seperti ini, adakalanya  diperlukan untuk mengetahui cara melakukan konversi dari kedua system bilangan tersebut. Bilangan biner terdapat 8 bit. Bit adalah singkatan dari Binary Digit, dan angka masing-masing digolongkan sebagai bit.
1.      Konversi dari Sitem Biner ke Sistem Desimal
Misalnya terdapat bilangan 00110101 dalam system biner. Berapakah ekivalennya dalam system decimal? Untuk mencegah persoalan ini, anda bias menggunakan pedoman sebagaimana diperlihatkan pada gambar.
Jadi, 00110101 biner identik dengan 53 desimal.
2.      Konversi dari Sistem Desimal ke SIstem Biner
Untuk keadaan sebaliknya, dari system ke system biner, Anda bisa melakukan dengan cara seperti yang ditunjukkan pada Gambar
JIka bilangan-bilangan sisa pembagian disusun dari bawah ke atas dan dituliskan dari kiri ke kanan akan diperoleh susunan seperti berikut :
110101
Apabila dijadikan 8 bit, bisa menambahkan 0 di bagian kiri sehingga menjadi 00110101 .Bilangan itulah yang identik dengan 53 desimal.
2.6 PROSESSOR
Pengertian Processor adalah komponen komputer yang meupakan sebagai otak yang mejalankan proses dan pengendali kerja komputer dengan bekerjasama prangkat komputer lainnya, Processor ini berbentuk chip yang berfungsi sebagai pusat pengendali seluruh perangkat yang terdapat pada komputer sehingga tidak heran bila banyak orang menyebut processor sebagai otaknya sebuah komputer.Satuan kecepatan dalam Processor adalah Mhz (Mega Heartz) atau Ghz (Giga Heartz) dengan semakin besar kecepatan suatu Processor makan akan semakin cepat kinerja komputer saat melakukan proses, dengan kapasitas processor yang besar dan didukung oleh memori atau ram yang besar juga akan membantu setiap pengerjaan intruksi dengan cepat
2.6.1 Fungsi prosesor
Fungsi Prosesor adalah untuk memproses data yang diterima dari masukan (input) yang seterusnya akan menghasilkan keluaran (output).Pada waktu prosesor memperoses data ,prosesor juga akan terhubung dengan komponen computer yang lain , terutama Hardisk dan RAM.
2.6.2 Prosesor Sebagai Salah Satu Komponen Terpenting
Prosessor seringkali disebut dengan otak komputer, tetapi penyebutan tersebut tidak tepat sepenuhnya. Prosesor hanya bertindak sebagai mesin pemroses tetapi tidak berfungsi sebagai mesin pengingat. Fungsi pengingat ditangani oleh komponen tersendiri yang dinamakan memori.
Prosessor memegang peran penting dalam sistem komputer dalam berbagai aspek sebagaimana dapat dilihat berikut.
1.      Kinerja : tipe prosesor yang digunakan dapat mempengaruhi kinerja sistem komputer. Kemampuan sebuah prosesor mempengaruhi kecepatan maksimum yang dapat dicapai oleh sebuah komputer.
2.      Dukungan perangkat lunak : prosesor yang lebih cepat memungkikan pengguna unruk memakai perangkat lunak terbaru ataupun fitur terbaru.
3.      Pendingin dan konsumsi energi : pada awalnya prosesor hanya memakan daya listrik yang kecil daripada komponen-komponen yang lain. Namun pada perkembangannya prosesor menghabiskan lebih besar listrik dari pada generasi sebelumya. Keadaan ini membuat prosesor cepat panas dan diperlukan sistem pendinginan yang lebih baik
4.      Dukungan motherboard : adanya berbagai prosesor yang berbeda menimbulkan kebutuhan motherboard . sementara itu motherboard menentukan kinerja sistem komputer.
2.7.3  Serajarh Singkat Mikroprosessor
            Microprosessor pertamakali diciptakan adalah intel 4004, yang diperkenalkan pada tahun 1971. Prosessor ini sangat sederhana, hanya bisa mengoprasikan 4bit/detik. Aplikasi prosesor ini adalah untuk menyusun kalkulator elektronik portable.
            Microprosessor yang digunakan untuk komputer rumah adalah intel 8080 yang diperkenalkan pertamakali pada tahun 1974. Prosessor ini berukuran 8 bit. Digunakan pertamakali pada kit Altair. Kit buatan MITS yang diperkenalkan pada tahun 1975 yang dianggap sebagai cikal bakal komputer personal pertama. Namu yang bernama PC seperti yang sekarang ini diperkenalkan oleh IBM pada tahun 1982, yang disebut IBM PC. Komputer ini menggunakan prosessor Intel 8088 yang sebenarnya telah diperkenalkan pada tahun 1979.
            Microprosessor yang digunakan pada PC dari waktu ke waktu juga berubah. Secara kronologis, prosessor-prosessor yang digunakan sampai pada akhir tahun 2002 adalah 8088, 80286, 80386, 80486, pentium, pentium II, pentium III, pentium VI. Sebagai bahan perbandingan, prosessor pentium 4 mempunya kecepatan 5000 kali lebih cepat daripada prosessor 8088.
2.7 MEMORI INTERNAL
Memory Internal adalah Memory yang dapat diakses secara langsung oleh prosesor. Dalam hal ini yang disimpan di dalam memori utama dapat berupa data atau program. Fungsi dari memori utama sendiri adalah :
1.Menyimpan data yang berasal dari peranti masukan sampai data dikirim ke ALU (Arithmetic and Logic Unit) untuk diproses.
2.Menyimpan data hasil pemrosesan ALU sebelum dikirimkan ke peranti keluaran Menampung program/instruksi yang berasal dari peranti masukan atau dari peranti pengingat sekunder.
3.Menampung program/instruksi yang berasal dari peranti masukan atau dari peranti pengingat sekunder.
Memori bisa di bedakan menjadi dua macam : ROM dan RAM. Selain itu, ter dapat pula memori yang disebut cache memory.

2.7.1 ROM
ROPM (Read-Only Memory atau terkadang disebut firmware) adalah jenis memori yang isinya tidak hilang ketika tidak mendpatkan aliran listrik dan pada awal nya isinya hanya bisa dibaca. ROM pada computer disediakan oleh vendor computer dan berisi program atau dat. Di dalam PC,ROM bisa disebut BIOS (Basic Input/Output System) atau ROM-BIOS. Instruksi dalam BIOS inilah yang akan dijalankan oleh mikroprosesor ketika computer mulai dihidupkan. Umumnya proses yang terkandung dalam BIOS secara berurutan adalah sebagai berikut.
1.      Memeriksa isi CMOS
2.      Membuat penanganan interupsi (interrupt handlers) dan pengendalian peranti (device driver).
3.      Menginisialisasi register dan manajemen daya listrik.
4.      Melakukan pengujian perangkat keras (POST atau the power-on self-test) untuk memastikan bahwa semua perangkat keras dalam keadaan baik.
5.      Menampilkan pengaturan-pengaturan pada system.
6.      Menentukn peranti yang akan digunakan untuk menjalankan program (misalnya perantinya adalah hard disk).
7.      Mengambil isi boot sector. Boot sector juga merupakan sebuah program kecil. Oleh BIOS program ini dimuat ke RAM dan kemudian mikroprosesor akan mengeksekusi perintah-perintah yang sudah berada dalam RAM tersebut.
Dengan cara seperti inilah akhirnya system operasi (misalnya Windowa) dimuat.
Beberapa pemjelasan tentang beberapa istilah yang terdapat pada uraian di depan dapat dilihat di bawah ini.
1.      CMOS (Compmentary Metal-Oxyde Semiconductor) adalah jenis cip yang memerlukan dayalistrik dari baterai. Cip ini berisi memori 64 byte yang isinya dapat diganti. Pada CMOS inilah berbagai pengaturn dasar computer dilakukan, misalnya peranti yang digunakan untuk memuat system operasi dan termasuk pula tanggal dan jam system.
2.      Penanganan interupsi adalah program kecil yang menjadi penerjemah antara perangkat keras dan system operasi.Sebagai contoh jika penekan menekan tombol keyboardmaka isyarat ini dikirimkan melalui penanganan interupsi keyboard.
3.      Pengendalian peranti adalah program yang bertindak sebagai pemberi identitas bagi perangkat keras tertentu (misalnya scanner) sehingga bisa dikenali oleh system operasi.
Selain ROM, terdapat pula cip yang disebut PROM, EPROM dan EEPROM.
1.      PROM (Programmable Read-Only Memory)
Jika isi ROM ditentukan oleh vendor, PROM dijual dalam keadaan kosong
Dan kemudian dapat diisi dengan program oleh pemakai.Setelah diisi dengan program, isi PROM tak bisa dihapus.
2.      EPROM (Enesable Programmable Read-Only Memory)
Berbeda dengan PROM, isi EPROM dapat dihapus setelah program. Penghapusan dilakukan dengan  menggunakan sinar ultraviolet.
3.      EEPROM (Electrically Eraasable Programmable Read-Only Memory)
EEPROM dapat menyimpan data secara permanen, tetapi isinya masih bisa dihapus secara elektris melalui program. Salah satu jenis EEPROM adalah Flash memory. Flash memory biasa digunakan pada kamera digital, konsol video game, dan cip BIOS.
2.7.2 RAM
RAM (Random-Access Memory) adalah jenis memori yang isinya dapat diganti-ganti selama computer dihidupkan dan mempunyai sifat bisa mengingat data/program selama terdapat arus listrik (komputerhidup). Selain itu, RAM mempunyai sifat yakni dapat menyimpan dan mengambil data dengan sangat cepat.
Tipe RAM pada PC bermacam-macam: antara lain DRAM, SDRAM, RAM, RDRAM, dan EDO RAM.
1.      DRAM (dynamic RAM) adalah jenis RAM yang secara berkala harus disegerakan          oleh CPU agar data yang terkandung di dalamnya tidak hilang.
2.      EDO RAM (Extended Data Out RAM) adalah jenis memori yang digunakan pada system yang menggunakan Pentium. Cocok untuk yang memiliki bus dengan kecepatan mencapai 66 MHz..
3.      SDRAM (Synchronous Dynamic RAM) adalah jenis RAM yang paling umum digunakan pada PC masa sekarang. RAM ini disinkronisasi oleh clock system dengan bus yang memiliki kecepatan sampai 100 MHz.
4.      SCRAM (Static RAM) adalah jenis memori yang tidak perlu penyegaran oleh CPU agar data yang terdapat di dalam nya tetap tersimpan dengan baik. RAM jenis ini memiliki kecepatan lebih tinggi dari pada DRAM.
5.      RDRAM (Rmbs Dynamic RAM) adalah jenis memori yang lebih cepat dan lebih mahal daripada SDRAM. Mmeori ini biasa digunakan pada system yang menggunakan Pentium 4.
RAM pada PC dinyatakan dengan satuan megabyte dan dijual dalam bentuk modul. Misalnya berukuran 64 MB ataupun 128 Mb. Modul RAM bisa berupa SIMM atau DIMM.
1.      SIMM (Singlelinline Memory Module) memiliki cip RAM hanya pada satu sisi papan.
2.      DIMM (Dual Inline Memory Module) memiliki cip RAM pada kedua sisi papan.
PAKE GAMBAR YA
2.7.3 Cache Memory
            Cache memory adalah memori yang memiliki kecepatan sangat tinggi, yang digunakan sebagai perantara antara RAM dan CPU. Memori ini digunakan untuk menjembatani perbedaan kecepatan CPU yang sangat tinggi dengan kecepatan RAM yang jauh lebih rendah. Dengan menggunakan cache, sejumlah data dapat dipindahkan ke memori ini dalam sekali waktu, dan kemudian ALU akan mengambil data tersebut dari memori ini. Dengan pendekatan seperti ini, pemrosesan data dapat dilakukan lebih cepat daripada kalau CPU mengambil data langsung ke RAM.
2.8 Bagian Unit Sistem
            Unit sistem berupa sebuah kotak yang sering disebut case atau kabinet sistem. Didalam kotak inilah terdapat berbagai komponen seperti CPU, cip memori ( RAM dan ROM ), motherboar, catu daya, harddisk, dan CD/DVD drive.
Gambar disamping merupakan Unit sistem secara keseluruhan, disana terdapat : motherboard, CPU, RAMdan ROM, CD/DVD drive, catu daya, VGA card, dan Harddisk.
2.8.1 Motherboard
            Motherboard disebut juga dengan system board atau main board. Dikomponen motherboard terpasang komponen-komponen yang terpasang secara menetap dan terdapat slot-slot untuk memasang komponen-komponen yang dapat dilepas. Beberapa komponen yang dapat dilepas adalah, soundcard, RAM, VGAcard, cip mikroprosesor.
            Slot-slot dalam motherboard memungkinkan pengguna untuk melakukan upgrade. Ini adalah cara meningkatan kemampuan komputer dengan cara menambah komponen-komponen tertentu dan melaksanakan tugas yang tidak bisa di lakukan oleh komponen terdahulu. Hal ini memungkinkan pemakai dapat menambahkan komponen yang tidak terdapat saat pebelian komputer dengan fitur-fitur standard.
2.8.2 Catu Daya
            Catu daya/power supply berfungsi sebagai pemasok listrik bagi rangkaian dalam komputer. Masukan komponen ini berupa arus bolak-balik (AC) yang berasal dari sumber listrik. Kemudian power suply mengkonfersi arus bolak-balik itu menjadi arus searah (DC). Arus searah inilah yang sesungguhnya digunakan oleh komponen-komponen dalam komputer. Catu daya dapat dihidupkan atau dimatikan melalui tombol on/off yang umumnya terdapat pada bagian depan unit system.
2.8.3 Sistem Pendingin
            Sistem pendingin berfungsi untuk mendinginkan suhu sekitar unit sistem. Case komputer harus dipertahankan suhunya agar tidak mencapai suhu tertentu agar tak kepanasan. Sebagaimana diketahui, bahwa suhu komputer yang terlalu tinggi dapat merusak komponen-komponen komputer.
            Sistem pendingin terdiri dari sebuah kipas angin dan sirip penyerap panas. Sistem ini biasanya bedekatan dengan catu daya. Juga terdapat sistem pendingin yang diterapkan pada prosesor maupun pada harddrive. Sistem pendingin pada hard drive ini bersifat opsional.
2.8.4 Bus
            Bus adalah jalur yang menghubungkan satu komponen dengan kompoe lain. Bus juga dapat dibayangkan sebagai suatu jalan yang dapat menghubungkan dari suatu tempat ke tampat lain. Contoh CPU di hubungkan dengan memory utama oleh Bus.
            Pada PC terdapat tiga bus diantaranya, bus processor ,bus I/O,dan bus memory.
Tipe bus pada PC berdasarkan komponen-komponen yang dihubungkan oleh bus.
1.      Bus prosesor : jalur komunikasi antara jalur komunikasi antar CPU dan bus I/O atau antara CPU dan chace memori eksternal.
2.      Bus I/O : Berfungsi untuk memungkinkan CPU berkomunikasi dengan piranti (diluar unit sistem) seperti printer/scanner.
3.      Bus Memori : Digunakan untuk mentransmisikan data antara CPU dan memori utama (RAM). Lebar bus memori sama dengan lebar bus prosesor.
Bus pada prosesor dapat dibedakan berdasarkan fungsi yang dilakukan oleh bus, yaitu berupa bus alamat, bus data, dan bus pengendali.
1.      Bus data, berfungsi untuk melewatkan data dari dan ke memori utama.
2.      Bus alamat, digunakan untuk mengirimkan isyarat yang menyatakan alamat dalam memori utama.
3.      Bus pengendali, berfungsi untuk mengirimkan isyarat yang menyatakan data “dibaca” atau “ditulis” dari atau dan ke memori utama, peranti masukan, atau peranti keluaran.
Bus memiliki karakteristik yang disebut lebar bus (jumlah bit yang dapat dilintaskan dalam sekali waktu) dan kecepatan bus (menyatakan kecepatan data yang dapat disalurkan dalam bus). Lebar bus dinyatakan dengan satuan bit dan kecepatan bus dinyatakan dengan satuan MHz.
2.8.5 Bus I/O dan Berbagai Kartu I/O
            Bus I/O seringkali disebut dengan bus slot ekspansi. Bus inilah yang menjadi penghubung antara CPU dan peranti-peranti yang berada di luar unit sistem. Berbagai tipe bus I/O antara lain adalah ISA, PCI, AGP, EISA, VL-bus, FireWire, dan USB. EISA dan VL-Bus tidak lagi populer.
Daftar Tipe Bus I/O.
1.      ISA : Industry Standard Architecture merupakan bus generasi lama yang memiliki kecepatan rendah. Lebar bus ini antar 8-16 bit.Kecepatan bus ini 8 megabit/detik.
2.      EISA : Extended Industry Standard Architecture dikembangkan oleh Compaq dan diumukan pada tahun 1988. Bus ini menyediakan slot 32 bit.
3.      VL-Bus : VESA local bus dibuat oleh VESA . Bus ini dapat memindahkan 32 bit perwaktu. Memiliki kecepatan 128 megabit/detik sampai 132 megabit/detik. Tidak lagi digunakan karena ketergantungan pada prosesor 486.
4.      PCI : Periheral Component Interconnect memiliki lebar 32 bit atau 64 bit. Oleh karena itu, bus PCI mempunyai kecepatan 4 kali bus ISA. Biasa digunakan untuk kartu grafik, kartu suara,  modem dan jaringan berkecepatan tinggi. Pada CPU 32 bit, PCI mendukung kecepatan 132 megabit/detik dan pada CPU 64bit mendukung sebesar 264 megabit/detik.
5.      AGP : Accelerated Graphics Port merupakan bus yang dirancang untuk mendukung video dan grafik tiga dimensi. AGP memiliki kecepatan 2 kali PCI.
6.      FireWire : Merupakan teknologi bus yang relatif baru. Kecepatannya bisa mencapai 400 megabit/detik dan sedang dikembangkan agar lebih cepat lagi.
7.      USB : Universal Serial Bus terbilang baru. USB berupa kabel yang memungkinkan koneksi sampai 127 piranti secara sambung menyambung. USB 1.0 mencapai kecepatan 12 megabit/detik. USB 2.0 480 megabit/detik.
Bebagai macam kartu I/O
1.      Accelerated board : mempercepat pemrosesan
2.      Chace card : meningkatkan kinerja disk
3.      Coprosesor board : Berisi cip prosesor yang ditujukan untuk menangani pemrosesan bilangan pecahan.
4.      Disk Controller card : memungkinkan berbagai tipe disk dihubungkan ke sistem komputer
5.      Fax Modem board : kartu modem internal yang digunakan agar komputer dapat mengirimkan atau menerima faksimili dan melakukan hubungan ke internet.
6.      Graphics/video board : kartu penghubung ke monitor.
7.      Memory expansion board : memungkinkan RAM ditambahkan ke sistem komputer.
8.      Sound card : kartu ini digunakan agar komputer mendukung pemrosesan audio.
9.      Paralel I/O card : kartu yang mendukung penambahan port paralel.
10.  Serial card : kartu yang mendukung penambahan sport serial.
11.  Network interface card : agar komputer dapat berhubungan dengan komputer lain.
12.  Multi I/O card : kartu ini menyediakan port paralel maupun serial.
13.  USB I/O card : kartu ini menyediakan port USB.
14.  IDE I/O card : kartu ini digunakan untuk menghubungkan sistem komputer dengan hard drive atau CD drive di dalam unit.
15.  SCSI I/O card : kartu ini menyediakan port SCSI.
16.  FireWire I/O card : menyediakan port FireWire.

Contoh kartu graphics/video board.
2.8.6 Port
            Kompone lain yang terpasang pada case yang perlu diketahui adalah port. Port merupakan colokan yang terpasang di bagian belakang case yang berfungsi sebagai penghubung antara komponen di dalam unit sistem dengan peranti di luar. Contoh, port serial, port paralel, port SCSI, port USB, port infrared, dan port lainnya.
Berbagai macam Port.
2.9 Perkembangan Komputer di Masa Mendatang
            Komputer dimasa mendatang bisa jadi berbeda dengan masa kini. Hal ini disebabkan oleh adanya pengembangan dari setiap fedron komputer dunia.
Arah perkembangan komputer di masa mendatang
1.      Cip DSP : digital signal processing merupakan jenis cip yang ditunjukan secara khusus untuk menangani pemrosesan suara dan video dengan kemampuan pemanipulasian yang sangat cepat.
2.      Nano teknologi : melalui teknolgi ini, atom atau molekul yang berukuran dalam orde nanometer 10-9 meter dijadikan sebagai dasar untuk menciptakan mesin sangat kecil yang bisa digunakan untuk menyimpan atau melakukan tugas-tugas tertentu.
Nanoteknologi
3.      Komputansi optik : komputasi dimasa depan bisa jadi tidak mendukung komputasnsi elektronoka tetapi mendukung komputansi optik atau optoelektronik. Dengan demikian, cahaya akan menggantikan elektronik.
4.      Komputansi DNA :komputansi ini didasarkan kenyataan bahwa informasi dapat ditulis ke setiap molekul DNA. Jadi DNA sintesis dapay mempresentasikan sejumlah simbol untuk menggantikan biner.
6.      Komputansi kuantum : komputansi kuantum didasarkan pada teori mekanika kuantum. Informasi tidak lagi dinyatakan dengan 0 dan 1, melainkan dinyatakan dengan keadaan-keadaan partikel dasar. Contoh atom-atom hidrogen dapat dibuat untuk membentuk sekalar hidup.
BAB III Penutup
3.      Kesimpulan
          Komputer adalah suatu kesatuan gabungan dari beberapa alat yang menjadi satu untuk mngengolah sebuah data yang di proyeksikan melalui sebuah layar monitor atau LCD, untuk menampilan sebuah informasi yang kita oprasikan. Komputer terdiri atas, motherboard, RAM, Harddisk, VGA card, Sound card, Bus I/O, CD/DVD drive. Komputer mengolah kecepatan bit menjadi informasi dengan urutan (input)masukan-proses pengolahan«tempat penimpanan-(output) keluaran.
            Komputer akan terus berkembang dari waktu ke waktu hal ini dikarenakan para ilmuan terus melakukan riset penelitian untuk mengembangkan komputer bahkan ada kemungkinan segala aspek di dunia ini di komputerisasikan. Hal ini juga di dukung oleh sebuah hukum yang bernama Hukum Moore yang isinya, jumlah rangkaian dalam cip silikon akan mencapai 2 kali per 18 bulan. ( Gordon Moore 1967, pendiri Intel).
Daftar Pustaka
http://petrusmaju.files.wordpress.com/2008/10/sistemoperasibab1-4.pdf (tanggal dan jam : 23 desember 2012 : 06.03)
http://olsabe.blogspot.com/2012/11/pengertian-data-dan-informasi.html (tanggal dan jam : 23 desember 2012 : 06.03)
http://guztiajisabdani.blogspot.com/ (tanggal dan jam 14/09/2014 16.20)
Burch, jhon, G., grudnitski, Gary ; Infornation System Theory and Practice; 5thEdition; Jhon Wiley & Sons, Inc ; 1989.
Kadir, Abdul ; Pengenalan Teknologi Informasi; ANDI; Bandung ; ANDI OFFSET; 2005

Tidak ada komentar:

Posting Komentar